Pak Omank

Guru SD Negeri 1 Wanayasa Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kapan Waktu Ideal untuk Menulis?
pixnio.com

Kapan Waktu Ideal untuk Menulis?

Dalam menulis, hal pertama yang harus dimiliki adalah ide. Ide adalah modal dasar untuk aktivitas menulis. Ide bisa datang dari berbagai fenomena di sekitar kita. Dari hal-hal yang kita jumpai dan mungkin kita alami setiap hari. Ada pula yang meyebut ide atau gagasan dengan sebutan ilham.

Dulu ada yang berpendapat bahwa untuk menulis harus menunggu ilham. Ilham umumnya muncul secara tiba-tiba, ketika seseorang sedang bebincang dengan teman misalnya. Ide atau gagasan yang datang mendadak itu bisa juga datang saat membaca, mendengar pidato, melihat film, dan sebagainya. Ilham untuk menulis katanya sesuatu tidak bisa dicari.

Maka, agar ilham tidak berlalu begitu saja, perlu strategi untuk menangkapnya. Caranya: bawalah buku catatan ketika bepergian, catat jika melihat peristiwa yang menarik, perlu riset atau wawancara, menulis secara teratur, dan tangkap setiap ide yang muncul dari benak. Termasuk ketika terjaga dari tidur karena jika menunggu bangun ide itu telah melayang.

Seiring perkembangan zaman, pendapat tersebut mulai terbantahkan. Dalam sebuah kelas pelatihan menulis ada motivator yang mengatakan, “Teruslah menulis, menulis, dan menulis. Jangan tunggu ide datang. Bahkan menulis tanpa ide pun bisa.” Luar biasa!

Sekilas kedua pendapat itu saling bertentangan. Tetapi sebenarnya tidak karena hal itu terjadi pada kurun waktu berbeda. Saat ini dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat aktivitas menulis bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja.

Bahkan kini telah tersedia aplikasi yang mampu mengubah omongan menjadi tulisan. Dengan aplikasi ini orang tak perlu repot mengetik apa yang diucapkan orang lain secara otomatis sudah terkonversi menjadi tulisan. Tinggal edit seperlunya, dan tulisan siap ditayang.

Bagaimana dengan ide tulisan? Untuk menangkap ide menulis juga tidak perlu membawa buku catatan ke mana-mana. Tidak perlu repot menyiapkan kertas HVS dan mesin tik. Apalagi sampai bermalam di kuburan demi menunggu ilham datangnya. Ya kalau datang, kalau tidak kapan mau menulis.

Dari kedua pendapat tersebut, dapat dipahami bahwa sebenarnya waktu ideal untuk menulis tergantung pribadi penulis. Kapan waktu yang paling enak untuk menulis ya itulah waktu yang ideal. Maka, yang dibutuhkan adalah tekad dan keberanian untuk menulis.

Karena itu, jangan takut untuk menulis. Jangan takut mengawali sebuah tulisan. Jangan takut dengan hasil yang tidak memuaskan. Dan, jangan takut melakukan kesalahan karena dari sana kita belajar bagaimana membuat sebuah tulisan yang baik.

Terakhir, jangan pikirkan apakah karya itu bagus atau tidak. Pikirkan nanti setelah selesai menulis. Jangan mencari waktu ideal untuk menulis, karena semua waktu ideal untuk menulis.

#menulislagiR1.9

#bna09072020     

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

waktu terbaik untuk nulis bagi saya saat jelang subuh, Pak. mumpung anak-anak belum bangun

09 Jul
Balas

Bagus

09 Jul

nformatif dan inspiratif, semoga teman gurusianer, makin sukses dalam menulis

09 Jul
Balas

Amin

09 Jul



search

New Post